1.
Pendahuluan
Pada tugas kali ini akan membahas
mengenai Corporate Information Management (CIM) atau dalam bahasa Indonesianya
Manajemen Informasi Perusahaan. Pastinya di setiap perusahaan memiliki dan
membutuhkan berbagai informasi yang diperlukan demi kelangsungan berjalannya
suatu unit usaha. Kemudian informasi tersebut pastinya juga ada yang mengatur
dan mengelola dengan baik agar bisa terjaga secara utuh, terstruktur, dan aman.
Jadi, setiap bentuk kelompok usaha membutuhkan pemimpin dan arahan untuk
mencapai sasaran. Dalam perusahaan, orang yang memimpin disebut manajer atau
administrator utama. Manajer bertanggung jawab merencanakan, mengorganisir,
mengontrol semua sumber daya dan mengarahkan orang ke dalam organisasi yang
produktif dan bersatu. Manajemen merupakan proses yang melibatkan semua
kegiatan pengambilan keputusan, koordinasi upaya kelompok, dan kepemimpinan.
Fungsi manajemen adalah menggabungkan sumber daya manusia, materi, uang,
metode, mesin, dan moral untuk mencapai tujuan perusahaan. Fungsi manajemen
mencakup faktor ekonomi, sumber daya manusia dan materi, dan mengarahkan orang.
Kegiatan manajemen dilakukan oleh berbagai tingkat organisasi, dari presiden
sampai supervisor. Jabatan manajer bervariasi tergantung pada sifat kerja dan
tanggung jawab.
Salah satu permasalahan utama yang
dihadapi manajemen seputar strategi implementasi teknologi informasi adalah
bagaimana menentukan struktur organisasi yang tepat dan efektif sesuai dengan
kondisi perusahaan. Adalah merupakan kenyataan bahwa sangat banyak perusahaan
besar di dunia yang gagal memanfaatkan teknologi informasi secara optimum hanya
karena kesalahan dalam merancang struktur organisasinya; bahkan tidak jarang
ditemui kesalahan tersebut berakibat fatal bagi perusahaan karena memicu
terjadinya “politik korporat” yang membuat keberadaan teknologi informasi
menjadi kontra produktif bagi kemajuan usaha bisnis. Oleh karena itulah
berbagai usaha untuk menentukan struktur organisasi Departemen atau Divisi
Teknologi Informasi di dalam sebuah perusahaan harus secara sungguh-sungguh
diperhatikan seluk beluknya. Demikian pula hal yang terkait dengan teknik pengukuran
kinerja bagian perusahaan yang mengurus sumber daya teknologi informasi harus
benar-benar dipahami, dipergunakan, dan dievaluasi.
Pengertian CIM itu sendiri CIM
(Corporate Information Management) atau Sistem Informasi Management Perusahaan
adalah suatu proses untuk pembentukan strategi, merencanakan pasokan untuk
informasi masa yang akan datang, proses meningkatkan nilai utilitas sumber daya
informasi yang tersedia, memastikan kepatuhan terhadap informasi
perundang-undangan yang berlaku dan juga meningkatkan laba atas investasi di
teknologi informasi.
2.
Teori
CIM (Menurut Para Ahli)
Sistem informasi Manajemen (SIM) adalah
serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara
rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi
lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya
dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Menurut
beberapa ahli SIM adalah:
Robert
G. Murdick & Joel E Ross
Proses
komunikasi dimana input dan output yang direkam, disimpan dan diproses untuk
pengambialn keputusan, mengenai perancangan, pengoperasian dan pengendalian.
Gordon
B Davis
Sistem
manusia dan mesin yang terpadu untuk menghasilkan informasi guna mendukung
operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
3.
Analisa
Menurut
analisa saya jika dilihat dari pengertiannya dapat dipahami bahwa CIM merupakan
usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menentukan suatu strategi,
merencanakan pasokan, meninggkatkan mutu,mematuhi perundang-undangan bahkan
meningkatkan keuntungan untuk perusahaan tersebut.
Pengalaman
saya dalam CIM ini yaitu saya pernah berjualan seperti pulsa elektronik dan
aksesoris untuk computer/laptop. Dalam berbisnis atau berjualan seperti itu
pasti nya saya sudah menentukan strategi seperti menentukan harga yang pas
dengan kantong para pelajar/mahasiswa.
4. Referensi
0 komentar:
Posting Komentar