Pages

Kamis, 16 Januari 2014

TUGAS SOFTSKIL SNB (Social Network Business)

TUGAS SOFTSKIL SNB (Social Network Business)

Nama : Muhamad Reza Farizky
Kelas : 4ia20
1.                  Pendahuluan
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet.
Social network atau jaringan sosial adalah sebuah struktur sosial yang dibuat oleh para individu atau organisasi yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan lainnya. Hubungan ini terbentuk atas dasar pertemanan, kesamaan hobi, pengetahuan, cinta dan lain sebagainya. Social network dapat kita jumpai di tempat kerja, universitas, dan sekolah tinggi, namun yang paling populer adalah di dunia online. Ini dikarenakan internet diisi oleh jutaan individu yang dapat saling bertemu sesama pengguna internet untuk membawa dan membagi informasi berbagai macam topik dari politik, humor, gosip hingga ilmu pengetahuan.
Penelitian di beberapa bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, dari keluarga sampai ke tingkat bangsa-bangsa, dan memainkan peran penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, dan sejauh mana individu-individu berhasil dalam mencapai tujuan mereka.
Anda dapat memulai pencarian dari ratusan jaringan komunitas untuk bergabung. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan melakukan pencarian internet standar, misalnya melalui mesin pencari google. Pencarian Anda kemungkinan akan kembali sejumlah hasil, termasuk MySpace, FriendWise, FriendFinder, Yahoo! 360, Facebook, Orkut, dan Classmates.

Network Business suatu sistem atau cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membangun hubungan pribadi untuk membawa Anda pada suatu bisnis baru. Konsep ini terdengar sederhana namun ada kekomplekskannya juga, berhubung ini melibatkan membangun dan membina hubungan atau relationship dengan pribadi lainnya.
Pengenalan merek secara sosial, keterlibatan publik, iklan sosial, dan ROI merupakan segelintir komponen yang perlu diperhatikan oleh sebuah brand atau merek ketika masuk ke ranah media sosial. Jejaring sosial yang menjadi tempat berinteraksi para klien atau konsumen menjadi sarana bagi sebuah brand untuk mencapai audiensnya.
Dengan memanfaatkan kanal media sosial seperti Twitter atau Facebook, sebuah brand menjadi relatif mudah melakukan promo atau menjangkau target pemasaran produknya. Berpromosi lewat jejaring sosial memiliki sejumlah keuntungan bagi pemilik brand, antara lain lebih hemat biaya dan efektif. Selain itu, promo bisa dilakukan secara viral marketing dan langsung dilihat oleh calon konsumennya. Namun demikian, sebuah brand tetap penting memperhatikan pilar-pilar berbisnis di media sosial.


2.                  Teori(Menurut Para Ahli)
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

3.                  Analisa
Menurut saya social network sebuah struktur sosial yang dibuat oleh para individu atau organisasi yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan lainnya. Dan banyak juga orang yang memanfaatkan social network ini menjadi lahan bisnis yang mengiurkan mereka bisa dengan mudah memasarkan yang mereka jual di facebook,twitter,instagram dan macam macam social network lainnya sehingga konsemen dengan mudah mencari barang yang di inginkan.

Pengalaman saya dalam hal ini adalah saya pernah memasarkan atau menjual smartphone memalui social network business ini, saya memasarkannya lewat media social twitter.

 4.                  Referensi



0 komentar:

Posting Komentar