TUGAS
SOFTSKIL SNB (Social Network Business)
Nama :
Muhamad Reza Farizky
Kelas :
4ia20
1.
Pendahuluan
Perkembangan peradaban manusia diiringi
dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan
istilah teknologi informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di
dinding-dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai
diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet.
Social
network atau jaringan
sosial adalah sebuah struktur sosial yang dibuat oleh para individu atau
organisasi yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan lainnya. Hubungan
ini terbentuk atas dasar pertemanan, kesamaan hobi, pengetahuan, cinta dan lain
sebagainya. Social network dapat kita jumpai di tempat kerja, universitas, dan
sekolah tinggi, namun yang paling populer adalah di dunia online. Ini
dikarenakan internet diisi oleh jutaan individu yang dapat saling bertemu
sesama pengguna internet untuk membawa dan membagi informasi berbagai macam
topik dari politik, humor, gosip hingga ilmu pengetahuan.
Penelitian di beberapa bidang akademik
telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, dari
keluarga sampai ke tingkat bangsa-bangsa, dan memainkan peran penting dalam
menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, dan sejauh mana
individu-individu berhasil dalam mencapai tujuan mereka.
Anda dapat
memulai pencarian dari ratusan jaringan komunitas untuk bergabung. Hal ini
dapat dengan mudah dilakukan dengan melakukan pencarian internet standar,
misalnya melalui mesin pencari google. Pencarian Anda kemungkinan akan kembali
sejumlah hasil, termasuk MySpace, FriendWise, FriendFinder, Yahoo! 360,
Facebook, Orkut, dan Classmates.
Network Business suatu sistem
atau cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membangun hubungan pribadi untuk
membawa Anda pada suatu bisnis baru. Konsep ini terdengar sederhana namun ada
kekomplekskannya juga, berhubung ini melibatkan membangun dan membina hubungan
atau relationship dengan pribadi lainnya.
Pengenalan merek secara
sosial, keterlibatan publik, iklan sosial, dan ROI merupakan segelintir
komponen yang perlu diperhatikan oleh sebuah brand atau
merek ketika masuk ke ranah media sosial. Jejaring sosial yang menjadi tempat
berinteraksi para klien atau konsumen menjadi sarana bagi sebuah brand untuk
mencapai audiensnya.
Dengan memanfaatkan kanal
media sosial seperti Twitter atau Facebook, sebuah brand menjadi relatif mudah melakukan promo
atau menjangkau target pemasaran produknya. Berpromosi lewat jejaring sosial
memiliki sejumlah keuntungan bagi pemilik brand, antara lain lebih hemat biaya dan efektif.
Selain itu, promo bisa dilakukan secara viral marketing dan langsung dilihat oleh calon
konsumennya. Namun demikian, sebuah brand tetap
penting memperhatikan pilar-pilar berbisnis di media sosial.
2.
Teori(Menurut
Para Ahli)
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan
media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang
membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan
penciptaan dan pertukaran user-generated content".
3.
Analisa
Menurut saya social network sebuah struktur sosial yang dibuat oleh para individu
atau organisasi yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan lainnya. Dan banyak
juga orang yang memanfaatkan social network ini menjadi lahan bisnis yang
mengiurkan mereka bisa dengan mudah memasarkan yang mereka jual di
facebook,twitter,instagram dan macam macam social network lainnya sehingga
konsemen dengan mudah mencari barang yang di inginkan.
Pengalaman saya
dalam hal ini adalah saya pernah memasarkan atau menjual smartphone memalui social
network business ini, saya memasarkannya lewat media social twitter.
4.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar